We waited in the Jakarta Airport 7 hours and 45 minutes for our flight to Borneo The flight was delayed because of extreme smoke from forest and brush fire. These fires are set by palm oil companies and farmers to clear land quickly and to fertilize the soil at te same time. But this has had a disastrous effect on the ecosystem, destroying numerous plant and animal habitats. The air quality is also poor, making breathing deeply a challenge, with the feeling like you are constanly downwind from a camp fire.

But we finally arrived in Pangkalan Bun (a port city near Tanjung Puting National Park) in pitch black, with the smoke cloaking Borneo in mystery. Our guide, Aidi, appeared as we finished un-saran wrapping our backpacks and lead us to a car for a 20-minutes drive to our Boat.

The crew had been ready for us since noon, with the wooden table set for dinner and our large bed on the deck of the Boat made up. It was all ours with 4 crew members. Deiz the Captain, his brother Dede the 1st mate, Perry their deck hand and our cook Tarmi. They were at the ready to navigate us safely and keep us fed as we wound up the river of National Park over the next 3 days. The Boat itself was open all sides with a covering over the main middle portion of the deck. The wooden chairs sat perched at the bow, wih bench seating at the helm. The crew’s quarters were below deck beside the small cooking area, with 5 mats for sleeping laid outside by side.

The Boat began it’s steady crawl towards the mouth of the river as we dined on expertly seasoned chicken, delicious onion-y soup, rice, tofu and tempe and fresh manggo. The smoke from the fires and the inly blackness would not let us forget the wild jungle around us and the fact that we were heading into the unknown.

They docked te Boat 15 minutes in from the river’s mouth, strung up a gorgeous lace mosquito net(with only a few holes) as Dagan and i watched the fireflies dance and play and light up the nearby palm tress like a string of moving Christmas lights. We snuggled into the bed and drifted off to sleep with the soft sounds of the jungle serenading us. Birds, crickets, bat wings and the occasional unknown sound only added to the remoteness. The red crescent moon looked on, beginning it’s night watch.

Dagan and i both woke up in the middle of the night to sounds of a chirpping bat call. It was close. Very close. Maybe on our mosquito net?!Suddenly we saw a black shape hit one of the roof support beams along the side of the Boat, cling to it, the drop like a rock to our deck. It’s next move was to scurry to our bags at the foots of our bed! Uh Oh.And we both had to use the bathroom. Armed with 2 water bottles for whcking, Dagan’s head lamp to see and a pillow case wrapped around my hair so the bat couldn’t latchon, we ventured out of our netted sanctuary for the small washroom at the back of the Boat, Dagan bravely pushed around our bags, llifting up clothes, expecting a winged creatures of the night to come barrelling at  us… nothing. The creatures must have crept off, as creature do, so we left to continue our journey. I made Dagan come in with  me and when he asked that i leave so he could do this business i refused, No way was going to stand on the platform outside the door, with water lapping at either-side in the blackest blac, and the possibility of a crocodile guest appearence I said i would politely stand facing to corner,my finger plugging on my ears, and become invisible for this time on toilet.(This trip has already expanded our pre-existing boundaries and forced us to be comfortable in comfortable situation).

Finished, we treaded cautiously back to our safe haven and, with no bat in sight, drifted off to sleep again in each other’s arms.


Waking up on the Boat, we could feel the excitement building.We were both itching to start our river adventure and see monkeys and crocodiles and the famous Orangutans.

Unfortunately the smoke from the night before began to intesify and as our Boat tour starting moving along the waterway. Visibility become impossible. We dined on delicious Spanish omelettes and fresh coffee before i done a face mask to protect myself from the swirling smoke coming at us from all sides. Dagan chose to tought it out. The smoke gotso thick, our Boat almost careened into the river’s edge multiple times. Dede sat perched on the bow tip straining to see  even an arm’s lenght in front of him, yelling out warnings and which way to navigate around the narrower and narrower passage. He would push away encroaching trees and we suddenly would see the shoreline loom-ing in our path. Diez would crank the Boat hard, barely avoiding a collision.Dagan was loving every second of the treacherous voyage, telling me gleefully about the movie “Apocalypse Now”  and how the characters in the film had to battle to the death in smoke not unlike what we were experiencing. I on the other hand, could feel my anxiety rise, unable to shake the feeling that we were headed straight towardsan untamed forest fire. I breathed a sight of relief when Diez docked the Boat, trying it to trees along the shore, to wait for the smoke to clear.

Sure enough, an hour later we could see the river’s bends and safety proceeded to the first Orangutan feeding station.

I was grinning from ear to ear as we tromped through the jungle about 15 minutes from shore to clearing with a rough  platform where the camp officials had laid out mounds of bananas for the“ forest people”. Dagan had informed me that Orang-Utan translates to People Forest in Bahasa, so these grea apes are considered forest people. Well, those forest people must not have been as excited to see us city people because we waited 2 hours. The camp officialls did all they could,producing hooting and OOOing, like dinner bells resounding through the trees, but no Orangutans appeared. Our Guide Rusty didn’t seem too worried and assured us we’d see some at the next station an hour and a half down the river. With sweet green, melon-yb-bev-erages, and settled in to enjoy the ride.

Once we arrived at Camp Leakey, we knew we were in for some good sights. The camp  was very well organized with an information centre about Orangutan, headshots of all the ones in this area and their family trees. There was also information on the plants, trees, bugs and animals that also called the jungle home, with explicit information on the damage Palm Oil companies were doing to the natural enviroinment. The camp had been founded in 1971 by DR. Birute Galdikas, a Canadian scientist, conservationist and educator.The camp was named after her mentor, Dr.Lois Leakey, a pioneer anthropologist. Dr. Birute and her team have devoted their lives to study and preservation or the Orangutans and their love for these animals was palpable.

On the walk to feeding station, we saw a family of wild warthogs and i feel relief at seeing some jungle creature in it’s natural habitat.I didn’t need to worryhowever, because 15 minutes after we sat down to watch the feeding paltform, the Orangutans starting arriving. Mom’s with baby’s clinging to their fur ambled forward, never turning to face us, but pulling their baby onto their forns as they sat on the platform and stuffed banana after banana into their mouths. Every once in a while we would see a little arm reach out and grab a banana from the pile.  Adolescent male Orang-Utans started to swing in, reaching down to playfully swat at the warthogs eating the peels of the bananas beneath them.

We even got show from a small spider monkey, flying wildly form tree to tree, straight to the food. It was like a Cirque-de-Soleil show!Monkey and Orangutan were coming from all directions.We were completely mesmerized. And then without warning they all began to scatter and disappear into the trees. We wondered what had made them vacate so suddenly and then to the left, we saw Tom. Tom is the largest male Orangutan in the region. He even has statue in the closest city, honouring his sheer size. All of us watching, stopped whispering and even breathing, to fully appreciate the entrance of this huge Alpha-male. He moved through the trees slowly and deliberately, carving a straight line  to the bananas. He climbed on the step to the palform and sat down there, like he was saddling up to a bar, one leg dangling absently, not a care in the world. He ignored the bananas completely and pulled an ice cream pail bucket of sweetened milk over. Using only one hand, he tipped the bucket and let the milk flow into his mouth. We continued to watch in silence as he drank, occasionally stopping to look at us over his shoulder, but never worrying that we might be a threat. Tom was threatened by no one. We had  learned at the information centre that a large male Orangutan is 8 times stronger than a human man. We were in Tom’s house now.

Be Continue….


Rinforest recycles high moisture level inland year long warmth create luxuriant growth bacteria,, fungi, and insect recycle nutrient by breaking down decaying matter. This rapid decomposition leaves little topsoil, hence many trees having spreading shallow roots and buttresses, the park forest type include dry lowland, ironwood, heath, mngrove and peat swamp forest,, within these are many different microclimates or zone with different level of sun, moisture and wind, supporting differents lifeform. The park forest do not resemble the better known giant

dipterocarp lowland forest. Teh sandy and shallow soil do not supporting huge trees, with few trees few above 20-40 meter. Teh park peat swamp hold important carbon stock and water reserves, storting up to 0.8 m3/3m.50% of the park ranfall is water (transpiration) from the plants and even the animals living inside.


Palm Oil

Palm Oil requires a tropical climate in which to grow and is cultiveted in lowland areas near the equator, often replacing foresteed land. Palm Oil has many uses and it’s incoporated into: food product(e.g margarine) cakes biscuit,chocolate, ice cream, soap, and detergents,cosmetic,,paints,feed for livestock, fried oil and biofuel.


October 2013 was the busiest months for the local tour  operators (including us) and local goverment in Kumai and Pangkalan Bun. This is the time when we have to organise and prepare for the upcoming tours and the arrival of two cruise ships and the hundreds of yachts (Sail Komodo 2013) all wanting to visit Tanjung Puting National Park. In the same month the International Ecotourism Business Forum(IEBF) hold their seminar which is attended by hundreds of participantas representing several travel agents from across Europe, Australia, America and Asia. The seminar is hosted by the Minister of Tourism and Creative Economy through the Destination Management Organisation (DMO) who aim it is, is to support and connect the local operators and to gain their co-operation in ter of ecotourism business in Indonesia especially in Kalimantan. October is also the month where the local goverment organises a celebration of the anniversary of West Kotawaringin. There is a giants parade which is attended by hundreds of people from the local district and villages they all dress up in traditional costumes and all along the River Arut are the highly decorated boats. Much enjoyment is had listening and dancing to traditionally played music. This is a fantastic sight for the tourist to witness the celebration day of West Kotawaringin.


Hari ke-1

Setelah penjemputan di bandara Iskandar Pangkalan Bun, kami dan kedua tamu kami meluncur ke kumai selama 25 menit dengan mobil. Sesampai di Kumai, kami disambut kru Klotok. Keadaan cuaca pada saat keberangkatan tidak begitu bagus. Angin kencang, hujan besar dan arus berlawanan arah membuat kapten klotok merasa memiliki tantangan pada tugasnya.

Kedua orang tamu terlihat berusaha untuk menyesuaikan diri karena ini adalah pengalaman mereka berada di klotok dan juga kunjungan pertama mereka ke Taman Nasional Tanjung Puting.Hidangan makan siang lezat dan minuman dingin segar disajikan karena memang waktunya makan siang. Terlihat mereka sangat menikmati makanan dan sambil menikmati pemandangan di kedua sisi sungai Sekonyer.

Hujanpun reda dan langit terlihat berangsur-angsur menampakan wajah cerahnya setelah lebih dari 1 jam perjalanan menyusuri sungai ke salah satu pusat rehabilitasi Orang Utan yang ada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting. Terlihat satu kelompok kera ekor panjang dalam keadaan bulu yang masih masih dan kedinginan. Beberapa dari mereka ada yang sedang menyusui bayinya dan juga ada yang  sedang mengutui. Sepasang burung rangkong hitam terbang melintas tepat diatas kelotok kami, bertanda akan ada keberuntungan untuk kami( Menurut Suku Dayak ) kedua tamu kami pun tersenyum dan sibuk meenggunakan kameranya untuk mengabadian moment.

Setelah 2 jam perjalanan, kamipun sampai ditempat tujuan dan beranjak dari Klotok ke camp Tanjung Harapan untuk menyaksikan pemberian makan Orang Utan. Buah pisang, jeruk bali dan susu powder ditaruh diatas paltform oleh salah satu staff yang bertugas memberi makan Orangutan, Sesekali dia berteriak untuk memanggil Orang Utan agar datang.

Para pengunjung dengan berbagai jenis kamera yang dibawa terlihat tidak sabar untuk menyaksikn kedatangan Orang Utan untuk mengabadikan moment.

Suara sesuatu berpindah pohon terdengar jelas pertanda Orang Utan akan datang. Beberapa menit kemudian seekor betina dewasa dan seorang bayi berusia lebih dari dua tahun datang dari arah selatan dari dimana posisi kami duduk, beberapa menit kemudian Orang Utan lainnya pun berdatangan. 1 ekor jantan dewasa, 3 ekor betina dewasa masing-masing memiliki anak dan 2 ekor betina remaja duduk bersama diatas platform dengan lahapnya mereka menikmati buah-buahan dan susu powder. Sesekali mereka berebut makanan dan menaruh buah pisang sedapat dan sebanyak mungkin ke mulut dan berpindah ketempat yang lebih aman untuk dinikmati.

Hari mulai gelap padahal waktu masih menunjukan pukul 04:30 sore,karean kami berada dibawah atap hutan jadi suasana senja begitu terasa.Kami pun beranjak pergi untuk kembali ke Klotok dan melanjutkan perjalanan.

Dari kejauhan kami melihat beberapa kelompok Bekantan atau kera belanda diatas cabang pepohonan yang tumbuh pada sisi sungai. Beberapa dari mereka masih sibuk berpindah dari pohon satu kesatu pohon lainnya, ada juga yang duduk santai sambil mengamati kami dan juga ada yang sedang berkelahi berkejaran. Bekantan adalah satu dari 9 jenis primata yag ada di Taman Nasional Tanjung Puting dan hanya ada di Kalimantan (Endemik).

Petang berganti gelap, Kapten memutuskan untuk singgah pada sisi sungai dan menambatkan klotok pada pohon untuk bermalam.

Suara hewan malam dan serangga menghiasi suasana malam di Klotok. Makan malam dihidangkan, dihiasi cahaya lilin yang membuat suasana terasa romantis.Para kru Klotok sibuk dengan tugasnya untuk menyiapkan tempat tidur dan kelambu. Setelah makan makan tamu kamipun beranjak tidur lebih awal karena seharian penuh beraktifitas.

Hari Ke 2

Setelah menikmati makan pagi, kami melanjutkan perjalanan menyusuri hulu sungai untuk mengunjungi kamp rehabilitasi Orangutan lainnya sambil mengamati kehidupan liar yang ada di kedua sisi sungai dan vegetasi hutan hujan Borneo. Sekitar 1 jam 30 menit menempuh perjalanan, kami tiba di Pondok Tanggui dan mengunjungi kamp tersebut untuk menyaksikan pemberian makanan Orang Utan pada pukul 09:00 wib. Suara petugas yang berteriak ala Tarzan untuk memanggil Orang Utan bergema, dengan semangat dan optimisime yang tinggi mereka melakukannya berulang-ulang agar Orang Utan rehabilitasi datang untuk menikmati buah-buahan dan susu powder yang sudah yang sudah disediakan diatas panggung. Setelah hampir dari 15 menit menunggu dan mengamati pepohonan, akhirnya seekor Orang Utan betina dewasa dan bayinnya yang masih berpegangan pada dada dan bahu ibunya datang dari arah timur dari posisi kami. Gerakan yang pelan, pindah dari pohon yang lainnya, bergelantungan diatas pohon membuat Orang Utan ini mendapatkan perhatian daripara pengunjung yang tidak sabar meihatnya dari dekat dan kamera-kamera pengunjungpun beraksi.

Selama satu jam menyaksikan pemberi makanan Orang Utan, kami beranjak pergi untuk kembali ke Klotok dan melanjutkan perjalanan ke Camp Leakey yang berada di hulu sungai. Soaftdrink dan snack yang disajikan di Klotok sudah dinikmati klien sambil mengamati vegetasi pada sisi sungai.

Kapten yang mengemudikan Klotk mengurangi kecepatan Klotokya dan berhenti pada sisi sungai karean kami melihat Orang Utan liar diatas pohon jinjit setinggi 15m pada sisi kanan sungai Sekonyer. Orangutan liar terlihat sedikit takut dan dia pun bersembunyi di balik pepohonan sambil mengamati kami. sesekali dia mengeluarkan suara gaduh, suar kecupan (Kissquick) dan mematahkan ranting pohon dan memakan buah pohon tersebut. Tamu kami sibuk menggunakan kameranya, mereka terkesan bisa mendapati Orang Utan liar dan ini pengalaman pertama kali bagi mereka untuk melihat Orang Utan liar di habitat aslinya. Karena merasa tidak nyaman dengan keberadaan kami, Orang Utan liar berpindah pohon dan pergi masuk kedalam hutan sehinggan lepas dari jangkauan pandangan kami, kamipun melanjutkan ke Camp Leakey.

Air sungai yang tadinya berwarna kopi susu berganti seperti warna teh setelah kami sampai di perismgan sungai. Sungai pada bagian simpang kanan menunjukan perbedaan air sungai yang terkontaminasi akibat penambangan liar yang berlokasi di hulu sungai Sekonyer simpang kanan diluar kawasan konservasi, sedangkan simpang kiri dimana sebuah kamp rehabilitasi Orang Utan yang pertama di Kalimantan dan yag terkenal yaitu Camp Leakey berlokasi, air sungainya berwarna seperti air teh di karenak hutan rawa gambut yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi d mengindikasikan sungai tidak terkontaminasi.

Dengan pelan Kapten mengemudikan Klotoknya karena sungai simpang kiri kearah Camp Leakey lebih kecil dari sungai sebelumnya dan ada banyak pohon yang tumbang berada di dasar sungai tersebut sehingga Kpaten harus hati-hati dalam mengemudikan Klotoknya agar baling-baling klotok tidak terkena batang pohon yang berad di dasar sungai.

Storkbill Kingfisher (Raja Udang). Blue eared Kingfisher, Black and read Broadbill, Asian paradise flycatcher, Black hornbill, Rhinoceros hornbill, pied fan tail, Frsh water crocodile, Longtail macaca, dan tiga ekor Orang Utan liar terlihat selama kami menyusuri sungai kearah Camp Leakey, Awesome:)

Sesampainya di Camp Leakey kami menikmati makan siang dan beristirahat sembari menunggu pemberian makan Orang Utan rehabilitasi pada pukul 14:00 wib yang mana jarak lokasi platformnya berada hampir 2 km dari base Kamp.

Pukul 13:30 wib kami pun bergegas untuk pergi menyaksikan waktu makan pemberian Orang Utan. Berjalan diatas jembatan sepanjang 200m dan memiliki lebar 1m yang dibangun diatas hutan rawa dan untuk mempermudah pengunjung mencapai tanah rendah di base kamp. Jembatan yang kuat  dan kokoh ini terbuat dari kayu ulin dan ulin adalah tumbuhan endemik Kalimantan yang dibangun pada tahun 2003-2004 oleh para sukarelawan mancanegara yang di fasilitasi oleh Orangutan Foundation International melalui program sukarelawan, dimana para sukarelawan bekerja selama 1 -2 bulan untuk mengerjakan proyek dan tinggal di camp leakey.

Akhirnya kami tiba di lokasi pemberian makan Orangutan setelah melakukan perjalanan hampir 2 kilometer dari Camp Leakey. Beberapa wisatawan terlihat antusias melihat Orangutan- Orangutan yang bergelantungan dari pohon ke pohon yang lainnya untuk sampai ke platform. Suara teriakan  karyawan Orangutan Foundation International yang bertugas untuk memberi makan Orangutan sesekali memecah keheningan suasana. Orangutan pun berdatangan dari semua arah, ada yang berjalan di tanah dan ada juga yang datang dari pepohonan. Dengan lahapnya Orangutan- Orangutan baik itu jantan, betina, dan anak-anak menikmati susu powder dan buah- buahan yang sudah di sajikan di atas platfrom.

 The King of Camp LeakeySuasana berubah menjadi tegang ketika salah satu Orangutan jantan dewasa yang juga primadonanya Camp Leakey, datang dengan mimiknya  yang sedikit tidak bersahabat sehingga membuat Orangutan lainnya bergegas pergi dari platform untuk menjaga jarak dari Tom tetapi ada juga yang masih pada posisinya.Para wisatawan sibuk dengan kameranya masing-masing dan lebih aktif dari sebelumnya untuk mendapatkan titik yang bagus untuk pengambilan gambar. Tom adalah salah satu orangutan jantan dewasa yang memiliki berat badan 120 kg (estimasi) dan Tom adalah orangutan dominan dari Orangutan jantan lainnya yang ada  di Camp Leakey saat ini. Tom telah dilahirkan di alam liar pada tahun 1983 oleh ibunya yang bernama Tut salah satu orangutan rehabilitasi di Camp Leakey. Dengan perasaan senang dan puas karena bisa melihat perilaku Tom dan Orangutan lainnya, kami pun beranjak dari lokasi platform untuk kembali ke Klotok tapi beberapa pelancong lainnya masih tetap menyaksikan pemberi makanan yang masih berlangsung.

 Sesampainya di Klotok kami memulai perjalanan ke Camp Pondok Ambung, dimana kami akan melakukan perjalanan malam untuk mencari kehidupan liar yang ada di hutan.

 Makan malam menu Indonesia yang di hiasi dengan cahaya lilin menambah suasana semakin romantis, dengan lahapnya klien kami menikmati hidangan yang di sajikan di atas meja pada Klotok.

 Setelah makan malam kami beranjak untuk menjelajahi hutan pada malam hari ditemani karyawan Camp dan petugas lapangan Balai Taman Nasional Tanjung Puting. Suara hewan malam terdengar bersahutan,beberapa burung yang berbeda jenis dan sedang tidur, tarantula, kancil, landak dan jamur yang bercahaya adalah objek  yang kami lihat selama hampir satu jam perjalanan mengikuti jalur-jalur yang memang di buat untuk keperluan penelitian dan bisa di gunakan untuk jalur trekking.

 Sesampainya di Klotok kami mendapati Kelambu dan tempat tidur sudah di siapkan oleh kru di dek bagian atas Klotok. Klien kami bergegas memasukinya dan beristirahat sambil memeriksa kembali foto-foto di kameranya. 2 jam kemudian suasana pun tenang hanya suara hewan malam yang bernyanyi untuk menghantarkan kami tidur.

 Hari ke 3

 Pagi- pagi sekali kami disapa dengan suara owa-owa yang  berkumandang dan bersahutan dan Suara-suara merdu dari berbagai jenis burung yang ada di hutan hujan memanjakan pendengaran. Udara terasa begitu segar, khas aroma dedaunan dan bunga-bunga dari berbagai jenis pohon di sekitar kami menambah suasana pagi begitu indah dan alami.

 Menikmati sarapan pagi diatas Klotok sambil menyusuri sungai untuk melanjutkan perjalanan ke tempat yang lainnya yaitu Pesalat. Dimana kami akan berpartisipasi untuk melakukan penanaman.

 2 jam lebih bersantai di Klotok sambil mengamati kehidupan liar yang ada di sepanjang sisi sungai dan berbagai jenis tumbuhan, akhirnya kami sampai ke Kamp pesalat. Untuk mencapai lokasi penanaman kami melanjutkan perjalanan ke lokasi reforestasi. Berjalan di jembatan sepanjang 900 meter yang di menghubungkan hutan rawa dan hutan tanah rendah untuk mencapai lokasi penanaman, dimana kami bisa melihat jenis tumbuhan paku yang bervariasi di hutan rawa dan jenis tumbuhan lainnya.

 Tiba di lokasi penanaman kami di sambut oleh seorang staff lapangan dari Friend Of The National Park Foundation . Staff memperkenalkan kami nama-nama jenis pohon yang ada di persemaian dan membantu kami menanam bibit pohon dari berbeda jenis di area pesalat di lokasi yang sudah di siapkan. setelah penanaman kami kembali ke Klotok dan menikmati minuman segar dan berbincang. Tamu kami merasa sangat senang karena di libatkan untuk berpartisipasi dalam pelestarian hutan hujan di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting bukan hanya sekedar menikmati keindahan alam dan hewan liarnya saja.

 Setelah makan siang, kami melanjukan perjalanan ke desa Sekonyer yang ada di sekitar Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting. Sesampainya di desa kami mengunjugi sebuah toko souvenir yang ada di desa tersebut dimana isi warga desa menjual hasil karya mereka yang berupa kerajinan tangan seperti patung orangutan, gelang,cincin dan kalung yang terbuat dari tumbuhan, kaos dengan berbagai motif Kalimantan dan orangutan dan banyak lainnya. Pelayan toko sangat senang karena tamu kami tertarik dan membeli beberapa souvenir yang mereka jual.

 Perjalanan di lanjutkan lagi, dengan pelan klotok menyusuri sungai agar tamu kami dapat mengamati kehidupan liar dan vegetasi tumbuhan yang ada di sisi sungai.

 Suasana sore dan senja terasa nyaman pada saat berada di atas Klotok, di tambah pemandangan hijau pepohonan plus kera-kera yang sedang duduk-duduk pada cabang pohon tersebut.

 Senja berganti gelap, makan malam di sajikan dengan cahaya lilin dan ribuan kunang-kunang yang ada pada vegetasi nipah dan jenis pohon lainnya membuat suasana malam terakhir trip tamu kami kali ini menakjubkan.

 Setelah makan malam, tamu kami bersantai di dek Klotok bagian belakang sambil berbincang dan mengamati indahnya kerlap-kerlip kunang-kunang dan cahaya bintang. beberapa jam kemudian mereka beranjak tidur di kasur dan dibawah kelambu yang sudah siapkan kru klotok.

 Pagi-pagi sekali tamu kami bangun unutk menikmati suasana pagi terakhirnya di Taman Nasional Tanjung Puting. mereka duduk santai sambil menikmati kopi panas. setelah sarapan selesai perjalanan dilanjutkan ke Kumai, sesampainya di Kumai tamu kami antarkan ke Bandara untuk melanjutkan perjalanannya ke tempat wisata yang  lainnya di Indonesia.


Trip on December 2016

December 25th-27th was our latest trip and also as the closing trip for 2016. The trip was so amazing. The wild orangutans was easy looking on the riverside of Sekonyer river, whilst cruising the river by boat. The guest gave  us a great award through written a review as a appreciate to our good service.


Adventure to the oldest rainforest in the world

Our first tour on 2017  was runned for a 7 days 6 nights on january 5th-11th. The tour was runned